LISTING KARYA PAK TJOKRO

1. Islam dan Socialism. 1924.cover islam dan socialism

2. Tarich Islam. 1931.

3. Tafsir Al-Qur’an

4. Memaknai Alam Kebenaran: Pidato di depan Kongres Jong Islamitenbond.

5. Program Azas Partai Sarekat Islam Indonesia

6. Program Tandhim Partai Sarekat Islam Indonesia

7. Tulisan-tulisan mengenai Islam, Nasionalisme dan Masalah-masalah Kebangsaan di Koran Oetoesan Hindia, Fadjar Asia, Bandera Islam, Soeloeh Hoekoem, dan lainnya

Untuk Konfirmasi silakan kontak Vrida: 0816559007

17 thoughts on “LISTING KARYA PAK TJOKRO

  1. Asswrwb Mas Aji Dedi,
    Salam kenal mas, saya Ai Tjokro dan Saya salut mas banyak menulis tentang Tjokroaminoto, saya juga sedang mengumpulkan sebanyak-banyaknya tulisan beliau maupun tulisan orang tentang beliau, karena sampai saat ini kami keturunan kedua Tjokro kekurangan sekali tulisan tentang beliau dan foto-foto/gambar-gambar. Barangkali satu saat nanti kita bisa berkenalan via darat untuk tukar menukar referensi tulisan beliau.
    Wassalamwrwb
    Ai Tjokroaminoto

    • mhn ijin ikutan bergabung..sy saat ini bergabung di perusahaan dimana presiden komisarisnya adalah Presiden Kaum Syarikat Islam…Beliua in syaa Alloh tahu banyak tentang sepak terjang dan perjuangan Guru Bangsa HOS Tjokroaminoto…Dalam rangka Milad KSI ke 103 (artinya dihitung dari tahun 1912, saat dimana estafet kepemimpinan Syarikat Islam dipegang oleh HOS Tjokroaminoto), sy pun sedang menyiapkan beberapa tulisan dari hasil antara lain wawancara dgn tokoh tokoh KSI, study literatur, dan/atau cetak ulang buku buku karya beliau dalam rangka mensosialisasikan pemikiran beliau sebagai Guru Bangsa…dengan senang hati sy tunggu jika Anda ingin menghubungi sy…ini kontak sy…lukmanul hakim email sy lampiriconsulting@gmail.com…haturnuhun

    • mhn ijin…sy senpat berdiskusi dengan Presiden Kaum Syarikat Islam terkait konsep Hijrah yg dicanangkan oleh Guru Bangsa HOS Tjokroaminoto….menurut beliua urutannya seperti ini…”Semurni-murni tauhid, setinggi-tinggi ilmu, sepandai-pandai siasat..”…demikian dan mhn maaf jika ada kekeliruan..lukmanul hakim

  2. saya rasa, sesuatu sedang terjadi di sini, hingga seorang keturunan kedua dari pak Tjokro juga membuat koneksi dengan blog anda mas aji.

  3. alhamdulillah mas amienbudiarto. artinya usaha saya dan proses mencari “jejak” serta “takdir” hakiki Islam di bumi Indonesia mulai menunjukkan “tanda” lewat TANDANYA…. salam kenal mas

  4. salaam Mas aji… salam kenal, saya arief, mahasiswa Filsafat Universitas Paramadina tingkat akhir… Apakah saya bisa minta difotokopikan buku Islam dan Sosialis Cokroaminoto untuk skripsi saya… No kontak saya di 081310667450

  5. Salam perkenalan…

    Saya Wawan, peminat karya HOS Tjokroaminoto dan sedang menambah referensi dan terus mencari, tulisan ttg HOS Tjokroaminoto dan karya-karyanya. Kebetulan pula, saya mantan ketua ormas yang didirikan beliau (SI) tingkat cabang dan berasal dari keluarga SI.

    Tetapi, terlepas dari urusan ikatan kekeluargaan tsb, saya memang penasaran dg ide “kebangkitan pemikiran” beliau yang MENDAHULUI JAMANNYA.

    Jika berkenan, saya cantumkan LINK tulisan Anda di blog dan Face Book saya ya… untuk MELENGKAPI KOLEKSI saya dan sekaligus memperkaya pemikiran dan diskusi antar teman….

    Saya juga nulis dikit ttg sosialisme Islam…

    Terimakasih, Salam…

      • Assalamu’alaikum Wr Wb,
        Mas Aji, kalau boleh saya ingin kenal anda.Saya senang baca dan saat ini lagi mengumpulkan karya HOS.Mungkin kita bisa silaturrahmi lebih jauh ? Saya dapat dihubungi per e-mail, karena saya gak punya facebook (manusia jadul, gaptek mlulu). Saya tertarik dengan tulisan mas. Mas adalah minoritas generasi muda yang memperhatikan HOS dan sejarah perjuangannya. Saya tunggu tulisan yang lain, sukur berkenan kontak ke e-mail saya.
        Billahi fi sabiilil Haq, Wassalam, MIS.

  6. ternyata bannyak juga yang mengagumi Tjokroaminoto,, begitupun saya kebetulan saya sedangmenggarap skripsi tentang beliau,, yang saya tau karya pak tjokro dari bukunya pak Masyur Amin Yaitu : Islam dan sosialsisme, Tarich Agama Islam, reglemen Umum untuk Umat Islam, dan prorgam tanzim PSII,dan pendapatnya bertebaran di media ” oetusan hindia” karena dia adalah redakturnya,,

    salam,,

  7. Assalamu’alaikum Wr.Wb

    Mas aji, salam kenal boleh kan, Saya salah satu pengkoleksi tulisan karya mas aji yang muat di wodpress yang berkaitan dengan HOS COKROAMINOTO, dan kebetulasan saya Alumni Universitas Cokroamanito Yogyakarta.Nah kalo berkenan barangkali mas Aji bisa tak undang untuk gendu – gendu rasa bersama ormas SI maupun pemuda muslimin Banjarnegara.

    Billahi fi sabiilil Haq, Wassalamu’alaikum Wr.Wb

  8. As.Wr.Wb

    Pernalkan nama saya Budi Winarno, saya sempat kenalan dengan Pak Taufiq Tjokroaminoto dan keluarganya, bersama kawan-kawan pengajian yang dibimbing oleh H. Karna Suhendro (alm), sorang tokoh SI Bandung, tahun 1993 kami mendirikan yayasan Persaudaraan Riuangan Shirathum Ma’ruf. Pak Taufiq kami jadikan Penasehat Yayasan.Kami sering pula ke kantor SI di Matraman.

    Satu hal yang tetap kami lanjutkan dalam aktivitas sosial adalah 3 Pilar wasiat Pak Tjokro:
    1) Sebersih-bersih tauhid
    2) Setinggi-tinggi ilmu
    3) Sepandai-pandai siasat.

    Pernah kami berniat mengadakan Seminar tentang HOS Tjokroaminoto, namun urung. semoga ada yang menindak lanjuti. Amin.

    Wassalam

    BW

  9. Salam mas Aji, ada ga tulisan mas yang menceritakan tentang kelanjutan dari perjalanan masing-masing ketiga murid HOS Cokroaminoto yakni Sukarno, Semaun dan Kartosuwiryo yang kemudian mewarnai sejarah dan kehidupan bangsa Indonesia sampai sekarang. Yang saya tau masing-masing membentuk Aliran yang berbeda, yakni Sosialis, Nasionalis dan Agamis. Dan bagaimana juga kemudian ketiganya bisa saling bermusuhan bahkan saling bunuh? Sekejam itukah ajaran yang di ajarkan oleh HOS Cokroaminoto? Dan di sadari atau tidak, sekarang ini indonesia terbagi menjadi ketiga golongan itu, meskipun rakyat tidak sadar, tapi ketiga Ruh dari ajaran tersebutlah yang terus menggerakan mereka sehingga konflik akan kerap kali terjadi terus mewarnai perjalanan bangsa ini.
    Harapan saya adalah agar kedepannya kita bisa menyatukan ketiga ajaran ini, sehingga tercipta Masyarakat Indonesia yang Damai, Adil dan Makmur.
    Terima kasih atas perhatiannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s