BAKUR: SITUS KELAHIRAN PAK COKRO

Sabtu lalu, tanggal 12 Juli 2008 saya mendapat hadiah unik  dari mahasiswa FIA Universitas Brawijaya (yang kebetulan sedang melakukan penelitian tentang analisis jabatan organisasi di tempat saya bekerja) berupa foto-foto “kemungkinan” situs kelahiran HOS. Tjokroaminoto (Pak Cokro). Mahasiswa itu aslinya juga dari Bakur, Madiun. Menurutnya, masyarakat Bakur percaya bahwa tempat yang sekarang berdiri masjid dan KUA merupakan kelahiran Pak Cokro. Meskipun, menurut mahasiswa itu masyarakat sudah banyak yang tidak tahu bahwa di sana adalah tempat kelahiran tokoh besar Indonesia. Hanya beberapa orang saja, terutama orang tua, yang tau riwayat tempat tersebut. Kalaupun tahu, ya  hanya “kemungkinan”. Ironis memang. Tapi tak apalah. Suatu saat saya perlu berkunjung ke sana sendiri dan mencoba menelusuri dari catatan-catatan sejarah, agar pada akhirnya jelas di mana letak tempat beliau dilahirkan secara pasti. Menurut salah satu informasi yang saya dapatkan dari buku Sejarah Sarekat Islam dan Pendidikan Bangsa, karangan Drs. Mansur, MA. (Penerbit Pustaka Pelajar, 2004; halaman 13) Pak Cokro lahir di Bakur, Madiun, Jawa Timur tahun 1882.

Berikut saya tampilkan beberapa foto tersebut:

11 thoughts on “BAKUR: SITUS KELAHIRAN PAK COKRO

  1. ada dua pendapat yang muncul dari kalangan masyarakat bakur sendiri, pertama disekitar masjid/kua ; dan yang kedua terletak dilokasi sekolah madrasah tsanawiyah PSM Bakur, jadi masih perlu telaah yang mendalam perihal penentuan lokasi kelahiran tokoh besar seperti HOS Tjoktoaminoto

  2. Saya Orang Bakur, memang sudah banyak yang tahu, bukti fisik juga tidak ada. Menurut orang tua saya tidak di masjid tersebut tapi di SMP PSM. Attas dasar itu di Madiun juga berdiri lembaga pendidikan Tjokroaminoto yang cukup besar/berkembang.

  3. Sebgai orang awam, napas tilas seorang pahlawan siapa saja, khususnya disini tempat kelahiran HOS Tjokroaminoto memang harus perlu digali oleh pihak – pihak yang berkepentingan, tidak hanya sekedar tahu tempat dimana beliau dilahirkan, tapi yang lebih adalah bahwa semua catatan itu akan disampikan kepada anak cucu kita kelak. Semoga….

  4. Saya sedang mencari silsilah keluarga HOS Cokro Aminoto, dan saya keturunan mbah Atmo Sentono yg dari Bogor.
    Saya sendiri keturunan ke empat dari mbah Atmo Sentono,karena Mbah HOS Cokro Aminoto adalah paman dari kakek saya Mbah Moh Toha.
    sekian uneg-uneg saya smoga Admin bisa mengetahui.
    sekian.

    Yati.

  5. As. Wr. Wb.

    Tahun 1992, saya bersilaturahmi ke Pesantren Tegalsari Jetis Ponorogo, ketemu Kyai Poernomo (Alm), beliau menyampaiakan silisilah Kyai Ageng Mohammad Besari yang juga menurunkan HOS Tjokroaminoto.

    Tsk. Salam

    BW

  6. Assalmuallaikum….. saya seorang putra bakur asli,selama ini saya memang mencari peninggalan dari bapak HOS.cokroaminota yang mungkin kebanyakan orang lupa atau bahkan melupakan beliau,bahkan orang bakur sendiri pun kebanyakan tidak tahu.memang menurut orang tua di desa bakur sendiri tempat tinggal beliau ada yang bilang disebelah masjid alfalah yaitu dikantor KUA ,dan ada yang bilang di mi PSM bakur. Menurut kesimpulan sementara saya bahwa orang tua beliau adalah seorang yang terpandang dan mempunyai pengaruh di madiun pada zaman itu,dan mempuyai rumah yang besar dan luas, bisa diperkirakan dari masjid AL FALAH sampai sekolahan MI PSM BAKUR. WASSALAM WR WB.

  7. Saya Iahir dan tuMbuh di desa bakur , saya sangat bangga !!
    Memang tidak ada bukti secara fisik , tapi desa bakur tempat yang indah ramah tamah semua penduduknya, masjid bakur meninggaIkan berjuta kenangan disaat aku tuMbuh berkembang.
    Terimakasih.

  8. saya seorang mahasiswa yang tengah melakukan penelitian mengenai Pak Tjokro, khususnya lingkungan beliau..info ini sangat membantu saya..selanjutnya akan menarik untuk dilakukan penelusuran di Madiun setelah sebelumnya saya menelusuri jejak Pak Tjokro di Peneleh dan mendapat data tentang keluarga beliau di Arsip Nasional Republik Indonesia di Jakarta..mohon doa dan restunya..

Leave a Reply

